Langsung ke konten utama

Sekilas TK Kemala Bhayangkari 01 Yogyakarta

 

TK KEMALA BHAYANGKARI 01 YOGYAKARTA



 

A.           LATAR BELAKANG



Salah satu amanat luhurnya yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 adalah “Mencerdaskan kehidupan bangsa” setiap manusia memiliki potensi atau bakat dan kecerdasan. Tanggung jawab para pengelola pendidikan adalah untuk mengembangkannya melalui pendidikan secara sistematis, terprogram dan terpadu sehingga dapat berkembang secara optimal.

Pendidikan Taman Kanak-kanak adalah tempat bagi anak-anak usia emas (golden age) untuk mengembangkan pondasi dasar. Pendidikan pra sekolah sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan usia anak pada jenjang selanjutnya, baik ditinjau dari aspek fisik psikomotorik, intelektual, emosional maupun spiritual.

Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjut.

Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia empat sampai enam tahun.

Mengingat hal tersebut di atas, maka semua kemampuan yang terlibat yaitu: kepala TK, komite, guru, pegawai, pembantu pelaksana serta orang tua/wali murid dan pemerintah daerah kabupaten hendaknya berperan aktif dalam melaksanakan peran serta masing-masing.

Kepala TK selaku pengelola TK menyusun program kerja setiap awal tahun pelajaran, program kerja sekolah ini berfugsi sebagai pedoman kerja bagi para pengelola dan pelaksana pendidikan di sekolah yang setiap langkahnya terencana sebagai penjabaran dari program sekolah.

Para pelaksana pendidikan di sekolah yang dimaksud adalah komponen yang bertanggung jawab mengelola, menyelenggarakan, serta melaksanakan proses pembelajaran yang terdiri dari:

1.         Kepala TK selaku pengelola bertanggung jawab dalam manajemen sekolah dan administrasi sekolah.

2.         Guru selaku pengelola proses kegiatan pembelajaran.

3.         Penjaga sekolah membantu sekolah

4.         Pihak-pihak yang mendukung serta menunjang peningkatan mutu pendidikan antara lain :

·         Orang Tua/Wali Murid yang memberikan kepercayaan penuh kepada Kepala TK sebagai pelaksana pendidikan.

·         Orang Tua/Wali Murid sebagai sumber utama peningkatan dan upaya pengembangan sarana dan prasarana sekolah guna kelancaran proses belajar mengajar.

·         Komite sekolah yang bertugas memberi pertimbangan, dukungan dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan kualitas sekolah.

Pada akhirnya penyusunan program kerja ini ditujukan pada upaya peningkatan kualitas sekolah pada siswa dan masyarakat yang membutuhkannya.

 

B. DASAR HUKUM



1.            Peraturan Gubernur nomor 54 tahun 2013 tentang Pendidikan Berbasis Budaya

2.            Peraturan Walikota no. 40 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di Kota Yogyakarta

3.            Undang-Undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional.

4.            Instruksi Presiden RI No 6 tahun 2009 tentang Perencanaan Nasional Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Aktif.

5.            Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional.

6.            Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

7.            Peraturan Daerah Kota Yogyakarta nomor 5 tahun 2008 Tentang Sistem Penyelenggaraan Daerah.

8.            Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

9.            Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran /kurikulum Taman Kanak-Kanak.

10.        Pedoman Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini tahun 2011

 

.

 

C.    PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Dalam melaksanakan Kurikulum  TK Kemala Bhayangkari 01 Yogyakarta  menerapkan 7 (tujuh)  prinsip Pengembangan Program pembelajaran lain :

1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

2.      Beragam dan terpadu

3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan

5.      Menyeluruh dan berkesinambungan

6.      Belajar sepanjang hayat

7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

 

      Pada akhirnya kurikulum ini sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum (baca : guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di Taman Kanak Kanak hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Taman Kanak Kanak Kemala Bhayangkari 01 Yogyakarta.

 

D.    KARAKTERISTIK PROGRAM PEMBELAJARAN

            Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Taman Kanak-kanak memiliki Karakteristik sebagai berikut:

1.     Program Pembelajaran di Taman Kanak – Kanak dilaksanakan secara terpadu dengan memperhatikan kebutuhan terhadap kesehatan kondisi dan kebutuhan masyarakat, gizi, stimulasi sosial dan kepentingan terbaik bagi anak.

2.    Program Pembelajaran di Taman Kanak–Kanak dilaksanakan secara fleksibel sesuai dengan karakteristik anak TK dan layanan pendidikan.

3.    Program pembelajaran di taman Kanak-Kanak dilaksanakan berdasarkan prinsip belajar melalui bermain dengan memperhatikan perbedaan individual, minat, dan kemampuan masing-masing anak, sosial, budaya

 

 

 

E.     TUJUAN PENDIDIKAN TK,VISI MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

 

TUJUAN TAMAN KANAK-KANAK

  1. Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
  2. Mengembang potensi kecerdasan spiritual, intelektual emosional, kinestetis dan sosial peserta didik pada masa usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
  3. Membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, sosio emosional,kemandirian, kognitif dan bahasa,dan fisik/motorik untuk siap memasuki pendidikan dasar.

 

            VISI TAMAN KANAK KANAK

KEMALA BHAYANGKARI 01 YOGYAKARTA

Visi       : Terwujudnya Pribadi anak yang beriman,cerdas dan berprestasi

Kata Kunci   : 

§  Beriman

§  Cerdas

§  Berprestasi

 

 

MISI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 01YOGYAKARTA

1.      Memberikan pembelajaran Iqra

2.      Melaksanakan praktek peribadatan

3.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara aktif

4.      Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler

5.      Selalu mengikutsertakan berbagai kegiatan dan lomba di luar sekolah

 

TUJUAN TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 01

       YOGYAKARTA

            Mewujudkan anak yang beriman, cerdas, berprestasi serta melaksanakan                 ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya

 

 

F.     STRUKTUR KURIKULUM

 

Kerangka Dasar

            Berdasarkan PP Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Program pembelajaran TK, RA dan bentuk lain yang sederajat dilaksanakan dalam konteks bermain yang dapat dikelompokkan menjadi:

1.    Bermain dalam rangka pembelajaran agama dan akhlak mulia;

2.    Bermain dalam rangka pembelajaran sosial dan kepribadian;

3.    Bermain dalam rangka pembelajaran orientasi dan pengenalan pengetahuan dan teknologi

4.    Bermain dalam rangka pembelajaran estetika; dan

5.    Bermain dalam rangka pembelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Cakupan setiap kelompok program pembelajaran TK disajikan dalam table berikut:

No

Kelompok Program Pembelajaran

Cakupan

1

Agama dan Akhlak Mulia

Program pembelajaran agama dan akhlak mulia pada TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual peserta didik melalui contoh pengamalan dari pendidik agar menjadi kebiasaan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar sekolah sehingga menjadi bagian dari budaya sekolah.

2

Sosial dan Kepribadian

Program pembelajaran sosial dan kepribadian pada TK. RA, atau bentuk lain yang sederajat dimaksudkan untuk pembentukan kesadaran dan wawasan peserta didik atas hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dan dalam interaksi sosial serta pemahaman terhadap diri dan peningkatan kualitas diri sebagai manusia sehingga memiliki rasa percaya diri.

3

Pengetahuan dan Teknologi

Program pembelajaran orientasi dan pengenalan pengetahuan dan teknologi pada TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik secara akademik memasuki SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat dengan menekankan pada penyiapan kemampuan berkomunikasi dan berlogika melalui berbicara, mendengarkan, pramembaca, pramenulis, dan praberhitung yang harus dilaksanakan secara hati-hati, tidak memaksa, dan menyenangkan sehingga anak menyukai belajar.

4

Estetika

Program pembelajaran estetika pada TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan diri dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni  yang terwujud dalam tingkah laku keseharian.

5

Jasmani Olahraga dan Kesehatan

 

Program pembelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan  pada TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik dan menanamkan sportivitas serta kesadaran hidup sehat dan bersih.

 

 

  1. Struktur Program Kegiatan Taman Kanak-Kanan

NO

PROGRAM PENGEMBANGAN

KOMPETENSI INTI

ALOKASI WAKTU

PER MINGGU

ANAK USIA 4 – 6 TAHUN

A.

1. Nilai Agama dan Moral

A. Kompetensi Inti-1 

    (KI-1)

     Sikap Spiritual

B.  Kompetensi Inti-2 

     (KI-2)

     Sikap Sosial

C.  Kompetensi Inti-3 

     (KI-3)

     Pengetahuan

D. Kompetensi Inti (KI-4)

     Keterampilan

900 menit per-minggu

180 menit untuk 5 pertemuan

       per-minggu

 

2. Sosial Emosional

 

3. Kognitif

 

4. Bahasa

 

5. Fisik Motorik

 

6. Seni

B.

KEKHASAN / KEUNGGULAN

 

 

1.       Pendidikan Berbasis Budaya Yogyakarta

2.       Pendidikan Karakter Bangsa

3.       Pendidikan Etika Berlalu Lintas

Alokasi waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 5 hari @ 1 jam @ 30 menit Terintegrasi dengan program pengembangan

C.

PENGEMBANGAN DIRI ANAK

 

 

1.       Kegiatan Keagamaan

a.    Iqro / TPA

b.    Rohani Katholik/Kristen

2.       Kegiatan Seni dan Budaya

a.    Menari / Angklung

b.    Drum Band

c.     Melukis

3.       Kegiatan Olah Raga

Renang

Sesuai minat, bakat anak, dilaksanakan sesudah pembelajaran dan diasuh oleh guru pengembangan diri

 

Jumlah alokasi waktu dalam satu minggu 1.050 menit

 

 

G.    PENUTUP

 

Demikian sekilas tentang  TK Kemala Bhayangkari 01 Yogyakarta dan kami masih jauh dari sempurna. Untuk itu saran dan kritik dari pembaca sangat kami harapkan, dan kami juga berharap dengan adanya  Kurikulum TK Kemala Bhayangkari 01 Yogyakarta ini akan mempermudah para pembaca untuk mengetahui rencana yang kami susun demi kemajuan  sekolah. Serta mempermudah kami, Kepala TK, Guru dan karyawan  dalam malaksanakan program-program dan tantangan-tantangan untuk mewujudkan peserta didik yang beriman, bertakwa, berbudi pekerti luhur, cerdas, dan kreatif.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prasarana Gedung Sekolah TK Bhayangkari Pingit 01 Yogyakarta

                                                                                                                                                           BAGIAN DEPAN HALAMAN SEKOLAH SEBELUM DIREHAB HALAMAN SEKOLAH SESUDAH DIREHAB RUANG KEGIATAN ANAK DI KELAS RUANG GURU RUANG TAMU RUANG UKS KAMAR MANDI  TEMPAT BERMAIN ANAK RUANG CUCI TANGAN ANAK